BismiLLAH... Bekerja dan berkarya,mengabdikan ilmu sebagai jalan berserah kepadaMU....

Jumat, 20 Februari 2009

Hotel Transit Manado




Ini proyek ke sekian saya setelah lulus, bukan berarti proyek yg lain tidak penting dan tidak layak masuk blog ini. Tapi ini lah proyek yang murni 100 % karya saya. Saya boleh berbangga akan hal ini. Saya, yang fresh graduate di percaya merancang sebuah hotel di Manado. Waw, membayangkan Manado seperti apa saja saya tidak pernah….hahahaha…Oke, bukan itu masalah nya. Saya yang baru beberapa bulan lulus sudah di percaya menjadi ARSITEK TUNGGAL untuk sebuah perencanaan proyek yang saya anggap besar. Hebat? Nanti dulu setelah bangunan selesai..

Saya harus beradaptasi dengan egoisme saya dengan keinginan klien. Jujur, untuk fresh graduated hal ini susah. Apalagi proyek ini adalah limpahan dari kontraktor utama. Boleh di anggap saya dan kantor adalah tangan ke-dua untuk proyek ini. Huh, beberapa perubahan sering terjadi. Revisi ini dan itu,wajar memang. Saya masih harus banyak belajar. Saya akan kerjakan proyek ini dengan sungguh – sungguh.

Permintaan klien 38 kamar, gaya modern minimalis dengan konsep penginapan untuk transit. Artinya, hotel ini akan di gunakan semacam mess. Lihat saja bed nya yang setiap kamar berjumlah dua bed. Tidak ada kelas tertentu untuk jenis kamar. Semua double bed. Sempat di ejek dosen saya ketika saya bercerita proyek ini, hotel 3 jaman katanya! Awal nya saya tidak paham maksudnya. Tapi setelah terdiam sebentar, kemudian hanya tersenyum simpul mengartikannya. Hahahaha, jelas proyek ini bukan seperti itu.

Jumlah lantai 3, dengan perencanaan lantai terakhir untuk pengembangan berikutnya. Lantai pertama terdiri dari coffee shop,resepsionis, mini bar, dapur bersih dan kotor, lobby dan toilet. Kamar pun berada di belakang zona publik tersebut. Lantai 1 dan 2 untuk zona kamar, tipikal.19 kamar di setiap lantai, total berjumlah 38 kamar. Area depan hotel di gunakan oleh pemilik hotel sampai ke 2 lantai. Lantai 3 yang dibangun, sementara digunakan untuk area service hotel. Seperti ruang istirahat pegawai, loker, laundry dan linen.

Sistem serabutan pekerjaan baru kali ini saya alami. Biasanya di setiap tugas kuliah sampai tugas akhir, semua pekerjaan urut. Mulai dari denah, tampak, potongan , rencana – rencana dan seterusnya. Tapi kali ini saya harus mulai dari denah lompat ke interior dan entah langusung ke mana lagi setelah ini.Semoga bukan detail penulangan.


Galih Jati Utomo projek, untuk PT. Sunaradji Cipta Selaras


0 komentar: